Pengertian, Manfaat, dan Contoh Teknologi Informasi

Pengertian, Manfaat, dan Contoh Teknologi Informasi di dalam kehidupan sehari-hari
Di dalam kehidupan sehari-hari teknologi informasi bisa dengan mudah kita temukan, karena ruang lingkup yang luas sehingga bisa ditemukan di dunia pendidikan, bisnis, manufaktur, industri, pemerintahan hingga entertainment.


Pengertian Teknologi Informasi

Jika dilihat secara umum, pengertian dari teknologi informasi adalah sebuah studi perancangan implementasi, dukungan, pengembangan maupun manajemen sistem informasi berbasis komputer yang meliputi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang dimana dapat mendukung serta meningkatkan kualitas informasi untuk masyarakat dengan cepat dan berkualitas.


Manfaat Teknologi Informasi

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari teknologi informasi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teknologi informasi bagi kehidupan manusia sehari – hari.

Manfaat pertama dari teknologi informasi adalah dapat digunakan untuk menangkap atau mengcapture semua informasi yang berasal dari catatan dalam berbagai aktifitas seperti menerima input dari keyboard, mic hingga scanner.

Teknologi Informasi juga bisa digunakan untuk mengolah data dengan cara memasukkan data yang diterima lalu diubah menjadi sebuah informasi yang baru. Proses mengolah data ini bisa dilakukan dalam bentuk analisis, konversi, menghitung dan menggabungkan berbagai macam bentuk informasi dan data menjadi satu.

Teknologi Informasi dapat digunakan untuk merekam sebuah informasi dan juga data ke dalam sebuah media yang nantinya dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya, contohnya seperti sebuah data yang disimpan di dalam flashdisk, hardisk maupun kepingan CD.

Teknologi Informasi bisa digunakan untuk dapat menghasilkan atau pun mengorganisir informasi ke dalam bentuk yang bermanfaat dan berguna, contohnya seperti tabel, grafik, hingga perhitungan.


Contoh Teknologi Informasi

Ada banyak sekali contoh teknologi informasi yang bisa ditemukan di sekitar kita, seperti televisi, radio, kamera, perangkat komputer, smartphone, kalkulator, koran hingga majalah. Teknologi tersebut sangat bermanfaat dan membantu memudahkan penggunanya dalam mengolah informasi jika digunakan dengan baik dan bijak. 

Nah, itu dia pengertian lengkap mengenai teknologi informasi beserta dengan penjelasan, manfaat, dan contohnya yang ada di sekitar kita.

0/Post a Comment/Comments

Kami hanya menampilkan komentar yang sesuai dengan Topik Artikel

Lebih baru Lebih lama